Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

KAWASAN TANJABTIM



Tanjab Timur Hampir 95 persen wilayah berada di ketinggian 0 - 3 meter dari permukaan laut. Hanya sebagian kecil wilayahnya, seperti Mendahara bagian selatan, Muara Sabak bagian selatan, Parit Culum, dan Dendang bagian selatan, yang memiliki ketinggian di atas 3 meter.



Tak mengherankan jika mayoritas wilayah Tanjab Timur merupakan daerah genangan air (floading area) yang dipengaruhi oleh pasang surut air laut, Sebagian wilayah Tanjab Timur merupakan lahan gambut. Sebenarnya tanah gambut memiliki kesuburan tinggi, sayang sangat rentan terhadap kebakaran.
Sementara itu, daerah genangan air sulit untuk ditanami karena tingkat keasaman (pH) yang tinggi. Luas wilayah administrasi Kabupaten Tanjung Jabung Timur adalah 5.445 km2, terletak antara 0053' - 1041' Lintang Selatan dan antara 103023 - 104031 Bujur Timur.
Berbatasan langsung dengan Laut Cina Selatan dan Propinsi Sumatera Selatan, Daerah ini dikenal dengan sebutan Kawasan Pantai Timur Sumatera yang merupakan wilayah penyanggah daerah Segi Tiga pertumbuhan Ekonomi SIJORI (Singapura-Johor-Riau) atau SIBAJO (Singapura-Batam-Johor).

Transportasi Darat :
Panjang jalan di Kabupaten Tanjung Jabung Timur pada tahun 2002 adalah 690.125 km.
Jarak dari Ibukota Kabupaten ke Ibukota Propinsi Jambi adalah :
· Muara Sabak Jambi 122 km
· Muara Sabak Jambi Via Suak Kandis 143 km
· Muara Sabak Jambi via Rantau Karya 73 km

Transportasi Sungai / Laut :
Untuk menunjang pertumbuhan ekonomi dan investasi dengan kehadiran Pelabuhan Muara Sabak maka transportasi sungai perlu dikembangkan dalam rangka menunjang kegiatan perekonomian, diantaranya :Kapal Ferry Cepat dari Muara Sabak menuju Batam dan sebagainya.

0 komentar:

:)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

Terima Kasih telah berkunjung & comentnya