Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Touring Ke Muara Sabak Tanjabtim



Perjalanan ke Muara Sabak butuh waktu 2,5 jam dari Kota Jambi, itupun sudah dengan kecepatan 110 km/jam. Jalannya terbilang bagus dan layak, melewati bukit-bukit dan beberapa desa. Sepanjang jalan, lebih banyak hutan dan semak-semak serta perkebunan kelapa sawit, dengan sedikit rumah penduduk.



Kalau tidak salah, rencana jangka pendek dari Jambi adalah memberdayakan lahan Jambi menjadi perkebunan Kelapa Sawit. Rumah penduduk di daerah desanya adalah rumah panggung, mungkin karena banyak daerah gambut atau rawa, namun sekarang masyarakat pun muali membangun rumah permanen sekaligus dijadikan sebagai tempat burung walet.

Dilihat dari atas pesawat tidak begitu semenarik Padang. Daerahnya juga tidak terlalu berbukit, lebih banyak hamparan semak belukar, rawa, lahan gambut di sepanjang bibir Sungai Batanghari. Sungai Batanghari sendiri adalah prasarana transportasi bagi kegiatan ekonomi di Jambi.

Semapat jalan-jalan ke Pelabuhan Talangduku dan survey ke Pelabuhan Muarasabak yang sampai saat ini masih digunakan sebagai pelabuhan curah padat seperti batubara.
Masuk ke wilayah pelabuhan, jalannya masih memprihatinkan. alias rusak dan ada titik jalan yang longsor. Saat lewat jalan itu ternyata ada ular melintas he he…belum lagi masih banyak monyet dan burung elang.

Makanan disana tidak jauh berbeda dengan di daerah laein sumatra sih, oleh-oleh yang bisa dibawa pun ada mpek-mpek.kerupuk udang yang sangat popular produksi Desa Simbur Naik, kerupuk ikan dari Mendahara, dan masih banyak makanan khas lainya, datang saja klo mo tau pastinya.

Status Daerah, Letak Geografis dan Topografi Desa
Prop. : JAMBI
Kab. : TANJUNG JABUNG
Kec. : MUARA SABAK
Desa : Status Daerah Letak Geografis Topografi
RANO Pedesaan Lereng/Punggung Bukit Berbukit
TALANG BABAT : Pedesaan Dataran Datar
NIBUNG PUTIH : Pedesaan Pantai Datar
KAMPUNG SINGKEP: Pedesaan Pantai Datar
TELUK MAJELIS : Pedesaan Pantai Datar
MUARA SABAK : Pedesaan Dataran Datar
LAMBUR II : Pedesaan Pantai Datar
SIMBUR NAIK : Pedesaan Pantai Datar
LAMBUR : Pedesaan Pantai Datar
ALANG ALANG : Pedesaan Pantai Datar
KAMPUNG LAUT : Pedesaan Pantai Datar

Sumber : BPS,

0 komentar:

:)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

Terima Kasih telah berkunjung & comentnya