Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Negeri Kaya Rakyat Sengsara



Menuju Tanjabtim Negeri “Triple Sources Energy” Kabupaten Tanjabtim sudah dikenal sebagai wilayah penghasil energi fosil (minyak dan gas).



Meskipun demikian, dampak negatif kenaikan harga minyak dunia dan domestik akibat melonjaknya permintaan dunia dan adanya tuduhan spekulasi juga dirasakan oleh masyarakat.

Kenaikan harga minyak tanah menyebabkan kebutuhan biaya rumah tangga terutama untuk memasak juga meningkat. Peralihan dari minyak tanah ke kayu bakar disadari Pemda akan mendorong terjadinya proses perambahan hutan sehingga berpotensi merusak lingkungan.

Keresahan pada tingkat masyarakat juga dirasakan Petrochina dan atas inisiatif SKPD terkait yaitu Dinas Peternakan maka dikembangkan industri bio-gass skala rumah tangga. Perluasan kerjasama yang telah berjalan secara baik dalam pemberdayaan ekonomi rakyat antara Pemda dan Petrochina untuk mengatasi masalah ini dilakukan melalui pengembangan bio-fuel.

Pada sisi lain potensi produk sawit untuk energi hijau membutuhkan investasi besar sehingga dirasa tidak akan memberi manfaat langsung dalam waktu singkat bagi masyarakat. Untuk itu pilihan jatuh pada program pengembangan sumber energi alternatif skala rumah tangga berupa pemanfaatan limbah kotoran ternak sapi untuk produksi bio-gas. Program ini diharapkan mampu menjadi substitusi minyak tanah dan kayu bakar secara mandiri dan swasembada oleh rumah tangga.

Keberhasilan program kerjasama ini diharapkan mampu memperkaya image Kabupaten Tanjabtim sebagai negeri yang kaya energi fosil (minyak dan gas) tetapi juga penghasil utama energi alternatif ramah lingkungan (bio-fuel). Artinya Tanjabtim memiliki 3 (tiga) sumber energi yaitu perut bumi menghasilkan energi fosil (minyak dan gas), lahan menghasilkan bio-fuel (sawit dan kelapa), serta di atas permukaan menghasilkan bio-gass dari pemanfaatan limbah kotoran sapi potong. Jika program ini berhasil, maka gelar sebagai negeri kaya minyak dan gas akan lebih pantas disebut sebagai Negeri Tiga Sumber Energi atau Triple Sources Energy.

0 komentar:

:)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

Terima Kasih telah berkunjung & comentnya