Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

PENGANTIN BARU TANAM MAGROVE



Ancaman abrasi pantai akibat kerusakan mangrove itu sangat mengkhawatirkan, terutama ketika musim angin barat air pasang cukup tinggi masuk ke perkebunan kelapa petani," katanya menjelaskan.



Ancaman abrasi di Tanjung Jabung Timur cukup tinggi. Di kawasan ini kerusakan bakau cukup tinggi akibat penebangan liar dan pembukaan tambak oleh warga desa.

Kerusakan sebagian hutan bakau tersebut dalam kurun tiga tahun terakhir ini telah menyebabkan pengikisan (abrasi) pantai yang semakin meluas. Untuk melindungi dan melestarikan cagar alam tersebut, Pemkab Tanjabtim juga telah mengeluarkan Peraturan Daerah (Perda).

Bahkan, setiap pasangan penganten baru yang akan menikah diwajibkan menanam dua pohon bakau.
Kewajiban calon pengantin menaman lima pohon diharapkan nantinya bisa di Perda-kan (menjadi peraturan daerah). Upaya seperti itu meski bukan yang pertama lantaran sudah ada beberapa daerah di Indonesia melaksanakan, tidak menjadi masalah, Tidak masalah kita mencontoh yang baik, sebab ancaman kerusakan hutan di daerah itu cukup tinggi akibat pembalakan liar.

Kabupaten Tanjung Jabung Timur memiliki tiga kawasan konservasi, yakni Taman Nasional Berbak, Hutan Rawa Lindung Lahan Gambut (HRLG), dan Cagar Beosfir Hutan Bakau (Manggrove). Dari Jambi Antara juga memberitakan delapan organisasi perempuan di Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim), Provinsi Jambi menggerakkan lebih dari 1.000 perempuan menanam 5.000 batang bibit tanaman pohon mahoni.
Pencanangan gerakan perempuan menanam dan memilihara pohon di Tanjabtim yang dipusatkan di Desa Kotabaru, Kecamatan Geragai, dipimpin Hj Mardaleny Abdullah Hich, istri Bupati setempat.

Gerakan perempuan menanam dan memilihara pohon yang serentak berlangsung di seluruh Indonesia, Mardaleny membacakan sambutan tertulis Ibu Negara Ani Susilo Bambang Yudhoyono.

Perempuan menanam dan memilihara pohon di Tanjabtim dimotori tim penggerak PKK bekerjasama dengan pemerintah daerah dan perusahan hutan tanaman industri (HTI) PT Wira Karya Sakti (WKS). Diharapkan akan terus berlangsung secara berkala mengingat wilayah pantai itu rawan terhadap abrasi dan erosi.

Dalam waktu dekat delapan organisasi tersebut bekerjasama dengan Pemkab setempat akan mengembangkan bibit bakau untuk penghijauan di hutan bakau (manggrove), Saat ini sudah ada 30.000 bibit bakau yang siap tanam di sepanjang pantai kawasan manggrove. Meski hutan lindung manggrove di Tanjabtim masih lestari, namun pengembangan bakau di wilayah pesisir pantai perlu dilakukan untuk mengantisipasi ancaman abrasi akibat gelombang pasang.

Pemkab Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim), Provinsi Jambi bekerjasama dengan Badan Kerjasama Internasional Jepang (JICA)merupakan tindak lanjut Protokol Kyoto, akan melakukan reboisasi terhadap cagar alam hutan bakau (mangrove) seluas 3.000 hektare (Ha) yang sebagian sudah mengalami kerusakan.

Abdullah Hich menambahkan, kerjasama dengan JICA itu akan segera direalisasikan dan untuk tahap awal dilakukan penyemaian atau pembibitan tanaman bakau

Moga Ngaak Tambah Gundul yaa Sob !!!

0 komentar:

:)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

Terima Kasih telah berkunjung & comentnya