Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

TANJABTIM TENGGELAM



Biasanya pada akhir tahun atau awal tahun musim banjir akan datang. Tidak hanya sawah, permukiman penduduk pun ikut banjir hingga ketinggian batas lutut manusia.



Di Muara Sabak Puluhan hektar lahan pertanian padi warga Desa Sido Mukti, Kuala Dendang, Rantau Indah, dan Koto Kandis di Kecamatan Geragai mulai terendam. Tingginya debit air Sungai Batanghari ditambah curah hujan yang cukup tinggi menyebabkan lahan pertanian bahkan permukiman masyarakat di sekitar sungai rentan terancam banjir. Petani mulai khawatir terendamnya lahan pertanian mengakibatkan padi milik mereka hanyut.

Ini baru dua minggu ditanam, air sudah menggenang," Kata warga petani warga Sido Mukti, Terendamnya lahan pertanian padi di empat desa itu sudah kerap terjadi. Bahkan genangan air diperkirakan akan terus terjadi hingga Desember tahun ini.

Dari pantauan di lapangan, genangan air terparah terjadi di Desa Sido Mukti. Meski pasang-surut tidak terlalu berpengaruh pada kesuburan padi, petani khawatir saat pemupukan padi masih terendam air mengakibatkan pupuk yang telah disebar hanyut.

Katanya Pemkab Tanjab Timur akan segera melakukan tindakan hingga ancaman banjir dapat diminimalisasi. Kita akan cek langsung daerah mana saja yang terendam dan melakukan persiapan antisipatif pencegahan apa yang bisa dilakukan agar tidak melebar.

Kadis Pertanian Tanjab Timur M Nuri mengatakan akan segera membentuk tim guna melakukan infestigasi di lokasi yang tergenang air. Pihaknya akan membuatkan laporan dan menyampaikannya ke Dinas Pertanian Provinsi Jambi guna ditindaklanjuti. Laporan itu terkait dengan program bantuan bencana banjir yang merupakan kucuran dari pemerintah pusat.

Jika memang terancam fuso, kita akan perjuangkan untuk mendapatkan bantuan tersebut dan melakukan tindakan antisipatif di lapangan,. Ia juga mengakui, kondisi areal persawahan yang berada di daerah pinggiran sungai atau pesisir mudah tergenang air, terlebih musim pasang surut dan frekuensi hujan yang cukup tinggi seperti saat sekarang ini.

0 komentar:

:)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

Terima Kasih telah berkunjung & comentnya